Mengendarai sepeda motor bersama group atau rombongan (konvoi) adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan..

Namun demikian dalam sebuah konvoi diperlukan keteraturan dan kedisiplinan guna menjaga keselamatan bersama dan pengguna jalan lainnya,, Berikut ini adalah isyarat atau kode yang berlaku ketika konvoi :

1. RoadCaptain atau rekan paling depan kita menepuk helm bagian kanan dengan tangan kanan 2 kali mengisyaratkan bahwa RoadCap membutuhkan bantuan dari sweeper yang kemudian sweeper mendekati RoadCap dan melakukan perintah RoadCap..

2. RoadCap atau rekan paling depan kita mengacungkan kepalan tangan kiri mengisyaratkan agar rombongan memperlambat laju kendaraan untuk berhenti..

3. RoadCap atau rekan paling depan kita mengangkat tangan kiri dan mengacungkan 1 jari mengisyaratkan agar rombongan membentuk 1 barisan,, klo mengacungkan 2 jari maka mengisyaratkan agar rombongan membentuk 2 barisan. Barisan dalam konvoi adalah staging, zig zag atau susun batu bata, kecuali pada saat berhenti di lampu merah atau lainnya maka berhentilah bersebelahan dan gunakan ruang kosong seefisien mungkin.. ketika membentuk 1 barisan sangat tidak disarankan untuk berada dalam satu garis lurus,, paling ngga agak sedikit ke kiri atau kanan.. ini berguna untuk menjaga jarak aman apabila rekan di depan melakukan pengereman mendadak atau ada hambatan lain..

4. RoadCap atau rekan paling depan kita mengangkat tangan kiri dan mengacungkan 1 jari kemudian menggerakkan jari membentuk lingkaran kearah kanan mengisyaratkan agar rombongan siap-siap untuk berbalik kanan.

5. RoadCap atau rekan paling depan kita mengangkat tangan kiri dan mengayunkan lengan kearah kanan dengan telapak tangan terbuka dan jari-jemari rapat mengisyaratkan agar rombongan bersiap untuk berbelok kanan,, jika lengan diayunkan kearah kiri maka rombongan bersiap untuk belok kiri dan jika lengan diayunkan kearah depan maka rombongan dapat jalan terus dengan mengambil arah ke depan.

6. RoadCap atau rekan di depan kita mengangkat tangan kiri dan mengacungkan jari-jemari yang membentuk huruf 0 dengan mempertemukan ibu jari dengan telunjuk mengisyaratkan agar rombongan mematikan sirine atau tidak membunyikan klakson, mematikan lampu-lampu aksesoris non-standar (Strobo, hazard, flip-flop dlsb),, merendahkan gas pada motor yang memiliki suara knalpot tidak standar

7. RoadCap atau rekan paling depan kita mengangkat tangan kiri dan mengacungkan telapak tangan membuka dan menutup adalah isyarat untuk dapat kembali menyalakan lampu-lampu aksesoris dan perangkat lainnya.. Isyarat yang sama dapat pula diartikan sebagai tanda untuk menyalakan/mematikan lampu depan motor.

8. RoadCap atau rekan paling depan kita memberi isyarat dengan tangan kiri dengan jari-jemari mengepal kecuali ibu jari dan kelingking dan menggerak-gerakkannya adalah isyarat agar rombongan menjaga jarak aman kendaraan.

HALANGAN DI JALAN

1. Menurunkan kaki kiri adalah isyarat adanya halangan (lubang, batu dlsb) disebelah kiri.

2. Menurunkan kaki kanan adalah isyarat adanya halangan (lubang, batu dlsb) disebelah kanan.

3. Menurunkan kedua kaki adalah isyarat adanya halangan (lubang, batu, jalanan bergelombang, REL KERETA/ PINTU PERLINTASAN KERETAP API asik nih tempat.. hehe.. dlsb) yang tidak dapat dihindari, ini dilakukan sebelum atau sesudah melewati halangan tersebut jika pada saat halangan tersebut dilewati, si pengendara motor melakukan gerakan penyeimbang seperti berdiri pada footstep atau menurunkan gigi perseneling untuk memperlambat kendaraan.

TROUBLE DI JALAN

1. Mengangkat tangan kiri dengan telapak tangan membuka lebar

2. Mengangkat tangan kanan dengan telapak tangan mengepal.

3. Membunyikan klakson (horn) panjang atau tanpa jeda.

ISYARAT UMUM LAINNYA

1. RoadCap atau rekan di depan kita memberi isyarat dengan tangan kiri menunjuk dengan kearah tepi jalan adalah isyarat untuk menghentikan kendaraan di tepi jalan.

2. Untuk ijin mengisi bensin adalah dengan menggunakan isyarat trouble,, biasanya untuk Club Motor besar menunjuk-nunjuk tangki hingga didatangi oleh sweeper yang bertugas lalu kemudian gunakan tangan kiri yang menunjuk ketangki bensin. Saat menunjuk tangki bensin gunakan jari telunjuk dengan ibu jari tetap terbuka dan yang lainnya mengepal. Jika tidak memungkinkan menggunakan tangan kiri, gunakan tangan kanan sambil menggunakan suara jika yakin suara dapat didengar oleh sweeper yang bertugas.. sweeper yang bertugas akan memberitahu kepada roadCap.

3. RoadCap atau rekan paling depan kita memberi isyarat dengan tangan kiri,, telapak tangan terbuka sejajar tangki bensin dengan gerakan seakan menekan kebawah adalah isyarat untuk memperlambat kendaraan.

4. sweeper atau rekan di depan kita memberi isyarat dengan tangan kiri, telapak tangan terbuka sejajar tangki bensin dengan gerakan ayunan telapak tangan kedepan mengisyaratkan agar kita maju mendekati atau mengganti posisi..

Yang harus selalu diingat adalah persiapkan kendaraan terlebih dahulu,, apakah sudah lengkap atau blom seperti lampu utama, lampu sein, dan lampu rem,, cek juga tekanan angin..

untuk bikersnya sendiri wajib mengenakan helm FULL FACE, jaket, celana jeans, sepatu yang tutup mata kaki dan sarung tangan..

semoga membantu…

Salam satu Aspal.

Keep Safetyriding and Brotherhood.