Yoooootttttt, Assalamualaykum Wr Wb. Selamat siang semua! Lagi pada istirahat siang ya? Sembari istirahat saya akan mencoba sharing membuat SKCK Online. Sebenarnya saya baru tau ada SKCK Online ini dari Social Media seperti Twitter dan Path. Saya sendiri menjadi penasaran nih, kebetulan saya lagi nganggur dan belum punya SKCK jadi saya ingin bikin. Niatnya sih minggu-minggu ini tapi lihatlah saja nanti gimana😀

Pas sekali, hari ini adalah hari senin. Jadi rencana hari ini saya ingin cek terlebih dahulu web nya, dan gimana cara pendaftarannya akan di ulas dibawah ini.

1. Silahkan buka web resminya dulu, yaitu https://www.skck.polri.go.id/

1

2. Silahkan dibaca peraturan dan dokumen yang di siapkan untuk membuat SKCK Online

2

3. Langsung aja isi formulir, dibagian pertama kita diberi pilihan mau dibuat di Mabes Polri, atau di Polda saja. Mungkin lebih baik pilih Polda aja ya. Tapi saat di bagian ini mulai ada yang rancu. saat memilih ‘Polda’ dibagian bawahnya tidak ada bagian ‘Polda’ untuk asal masing-masing pemohon.

3

Disini saya bingung, mungkin web ini sedang error atau memang tidak di perbaiki? Entahlah saya juga bingung. Beberapa menit kemudian saya akhirnya meneruskan mengisi formulir ini.

4. Mengisi data pribadi seperti nama, tanggal lahir, alamat, dll

4

5. Mengisi data hubungan keluarga, untuk mengisinya bisa lihat di Kartu Keluarga (KK) masing-masing.

5

6. Mengisi data riwayat pendidikan, seperti di CV

6

7. Mengisi data perkara pidana, jika kalian tidak mempunyai kasus hukum silahkan di skip aja dan klik lanjut

7

8. Mengisi data ciri fisik, seperti rambut, wajah, kulit, dll

8

9. Mengupload data scan untuk lampiran, seperti ktp, paspor, KK, akte / ijazah.

9

10. Mengisi Informasi lain, seperti riwayat pekerjaan, hobi, kesukaan, dll

10

Jika semua sudah terisi dan disinilah hal yang menegangkan hehe. Setelah klik lanjut apa yang terjadi? Apakah nomer registrasi akan keluar? Dan jawabannya adalah jeng jeng jeng. GAGAL! Setelah klik tombol lanjut, browser tidak memberikan respon proses. Akhirnya kerancuan pada nomer 3 terjawab disini. GAGAL di proses atau data kita tidak tersimpan di database SKCK Online Polri.

Menurut komentar di social media beberapa minggu lalu, jika kita sudah selesai mengisi formulir maka nomer registrasi kita akan muncul, dan kita di wajibkan ke polres setempat untuk membuat SKCK, jika dalam kurun waktu 3 hari kita tidak proses maka nomer registrasi kita akan hangus dan data formulir kita otomatis terhapus dari database Polri.

Lalu kenapa ini tidak bisa disimpan atau bahkan tidak terproses, saya juga tidak tahu kenapa mungkin jaringan internet disini lagi jelek. jika sempat nanti sore saya akan coba daftar ulang. Apakah sama aja atau tidak, jika sama saja berarti SKCK Online ini lagi error. Berarti kita bikin SKCK harus ke RT RW lagi, ini mungkin yang membuat saya malas membuat SKCK.

*UPDATE (22 Juni 2015): Masih belum bisa untuk proses tiket pembuatan SKCK Online.

Wassalam